Selasa, 21 Juni 2016

RPL Klasikal



SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
 (RPPBK)

A.     Topik Permasalahan/bahasan                   : Tumbuh kembang remaja
B.     Bidang Bimbingan                                   : Bimbingan Pribadi
C.     Jenis Layanan                                           : layanan informasi
D.     Fungsi Layanan                                        : Pemahaman dan pengembangan
E.      Tujuan Layanan yang ingin dicapai         :
Siswa dapat memahami perubahan fisik dan psikis pada saat tumbuh kembang remaja dan hal-hal yang menyertainya
F.      Sasaran Layanan                                      : kelas XII
G.     Uraian kegiatan dan materi                      :
Kegiatan awal
1.    Salam pembuka dan berdoa
2.    Presensi
3.    Memotivasi siswa
4.    Tujuan layanan
Kegiatan Inti;
Eksplorasi :
1.      Membaca buku/bahan sumber
2.      Membaca buku petunjuk
Elaborasi :
1.      Menjelaskan tentang pertumbuhan remaja
2.      Menjelaskan bagaimana menghadapi perubahan fisik pada remaja
Konfirmasi :
1.      Siswa mendiskusikan tentang tumbuh kembang remaja
2.      Menyimpulkan hasil diskusi yang dikuatkan oleh guru BK
Kegiatan Akhir
1.    Informasi kegiatan layanan lebih lanjut
2.    Memberi tugas
3.    Penutup
H.     Metode                                                     : ceramah, Tanya jawab, penugasan
I.         Tempat penyelenggaraan                         : ruang kelas
J.        Waktu Penyelenggaraan             
Waktu                                                      : 1 x 45 menit
Hari / tanggal                                           :
Semester                                                   :
K.     Penyelenggara Layanan                           : guru BK
L.      Alat perlengkapan yang digunakan         : buku modul dan alat tulis
M.   Evaluasi  dan Tindak Lanjut        :
a.    Laiseg : siswa mampu memahami pwertumbuhan pada remaja
Laijapen : Siswa mampu menerima dan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi dalam tumbuh kembangnya
Laijapang : Siswa mampu memelihara dan berperilaku sesuai dengan tumbuh kembangnya dan hal-hal yang menyertainya
b.    Layanan konsultasi bagi yang membutuhkan
                 :


Mengetahui,                                                                                        Tegal,    .................................
Ka.Sekolah                                                                                          Guru Bimbingan Konseling





--------------------------------                                                                    ------------------------------------








SATUAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING (RPP)

Nama Sekolah                          : 
Inti Layanan                             : Pemahaman dan Pengembangan
Kelas                                          : XII
Semester/ Tahun Pelajaran     : II / 2011 - 2012
Tanggal Pelaksanaan               :
Alokasi Waktu                          : 2  x 45menit
Sumber Biaya                           : Komite Sekolah
Bidang Bimbingan                  : Kehidupan Pribadi
Jenis Layanan                          : Informasi dan Penguasaan Konten
Pokok Bahasan                        : Manajemen Stress
Indikator                                   : Memiliki kemampuan untuk mengarahkan diri kearah yang positif
Karakter                                   : Mandiri, Tanggungjawab, Cinta Damai
1. Tujuan Layanan   :
Standar Kompetensi                  :  Memiliki sikap percaya diri
Kompetensi Dasar         :  Memahami dirinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2. Tujuan Pokok Layanan     : a.  Siswa memahami pentingnya manajemen stress
                                                    b.  Siswa mampu menjadikan stress sebagai dinamika hidup
    c. Siswa mampu menyeimbangkan aspek fisik dan non fisik    dalam kehidupan      
 3.  Strategi Layanan               : Ceramah, Tanya jawab, Tugas.
 4.  Kegiatan Layanan             :
a. Kegiatan Awal          :
1) Salam pembuka dan berdoa
    2) Absensi
    3) Memotivasi siswa
    4) Tujuan layanan

b. Kegiatan Inti           : 1) Explorasi
                  a. Membaca buku modul
                                                            b. Membaca buku petunjuk
              2) Elaborasi
                     a. Menjelaskan pengertian manajemen stress 
                     b. Menjelaskan strategi mananjemen stress
                     c. Menjelaskan keuntungan manajemen stress
                            
           3) Konfirmasi
a . Siswa mampu menyampaikan strategi menghadapi stress                        
    b. Siswa mampu mengungkapkan dan mengatasi masalah yang dihadapinya
c. Kegiatan Akhir        :  1) Informasi kegiatan layanan lebih lanjut
   2) Memberi tugas yang akan datang
   3) Penutup

5. Alat/ Media/ Sumber Belajar Bahan 
a.  Alat  /Bahan      : LCD, Slide Microsoft Power Point
a.      Sumber Belajar:Modul Pengembangan Diri melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling SMK Kelas XII
6.  Evaluasi dan Tindak Lanjut
a. Evaluasi                  
Laiseg              :   Siswa mampu memahami pentingnya manajemen stress                    
                        Laijapen          :   Siswa mampu menjadikan stress sebagai dinamika hidup
                       Laijapang         :  Siswa mampu menyeimbangkan aspek fisik dan non fisik dalam     kehidupan
b. Tindak Lanjut       : Pemantauan perkembangan sikap dan tingkah laku siswa    
                                               
Tegal, ....................................
Mengetahui                                                                                         Perencana kegiatan layanan,
Kepala Sekolah,                                                                                  Guru BK,                   



.............................................                                                               ..............................................

Tidak ada komentar: