SATUAN LAYANAN BIMBINGAN KONSELING
(RPPBK)
A. Topik
Permasalahan/bahasan :
Tumbuh kembang remaja
B. Bidang
Bimbingan :
Bimbingan Pribadi
C. Jenis
Layanan :
layanan informasi
D. Fungsi
Layanan :
Pemahaman dan pengembangan
E. Tujuan
Layanan yang ingin dicapai :
Siswa dapat memahami perubahan
fisik dan psikis pada saat
tumbuh kembang remaja dan hal-hal yang menyertainya
F.
Sasaran
Layanan :
kelas XII
G. Uraian
kegiatan dan materi :
Kegiatan awal
1.
Salam pembuka
dan berdoa
2.
Presensi
3.
Memotivasi
siswa
4.
Tujuan
layanan
Kegiatan Inti;
Eksplorasi :
1. Membaca buku/bahan sumber
2. Membaca buku petunjuk
Elaborasi :
1. Menjelaskan tentang pertumbuhan remaja
2. Menjelaskan bagaimana menghadapi perubahan
fisik pada remaja
Konfirmasi :
1. Siswa mendiskusikan tentang tumbuh kembang
remaja
2. Menyimpulkan hasil diskusi yang dikuatkan
oleh guru BK
Kegiatan Akhir
1.
Informasi
kegiatan layanan lebih lanjut
2.
Memberi
tugas
3. Penutup
H. Metode
:
ceramah, Tanya jawab, penugasan
I.
Tempat penyelenggaraan : ruang kelas
J.
Waktu Penyelenggaraan
Waktu :
1 x 45 menit
Hari / tanggal :
Semester :
K.
Penyelenggara Layanan : guru BK
L.
Alat perlengkapan yang digunakan : buku modul dan alat tulis
M.
Evaluasi
dan Tindak Lanjut :
a. Laiseg : siswa mampu memahami pwertumbuhan
pada remaja
Laijapen : Siswa mampu menerima dan beradaptasi terhadap perubahan yang
terjadi dalam tumbuh kembangnya
Laijapang : Siswa mampu memelihara dan berperilaku sesuai dengan tumbuh
kembangnya dan hal-hal yang menyertainya
b. Layanan
konsultasi bagi yang membutuhkan
:
Mengetahui, Tegal,
.................................
Ka.Sekolah Guru Bimbingan Konseling
-------------------------------- ------------------------------------
SATUAN PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
(RPP)
Nama Sekolah :
Inti Layanan :
Pemahaman dan Pengembangan
Kelas :
XII
Semester/ Tahun Pelajaran :
II / 2011 - 2012
Tanggal Pelaksanaan :
Alokasi Waktu :
2 x 45menit
Sumber Biaya :
Komite Sekolah
Bidang Bimbingan : Kehidupan Pribadi
Jenis Layanan :
Informasi dan Penguasaan Konten
Pokok Bahasan :
Manajemen Stress
Indikator :
Memiliki kemampuan untuk mengarahkan diri kearah yang positif
Karakter : Mandiri,
Tanggungjawab, Cinta Damai
1.
Tujuan Layanan :
Standar Kompetensi :
Memiliki sikap percaya diri
Kompetensi Dasar :
Memahami dirinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan
2. Tujuan Pokok Layanan : a.
Siswa memahami pentingnya manajemen stress
b.
Siswa mampu menjadikan stress sebagai dinamika hidup
c. Siswa mampu menyeimbangkan aspek fisik
dan non fisik dalam kehidupan
3.
Strategi Layanan
: Ceramah, Tanya jawab, Tugas.
4. Kegiatan Layanan :
a. Kegiatan Awal :
1) Salam pembuka dan berdoa
2) Absensi
3) Memotivasi siswa
4) Tujuan layanan
b. Kegiatan Inti :
1) Explorasi
a. Membaca buku modul
b.
Membaca buku petunjuk
2) Elaborasi
a. Menjelaskan pengertian
manajemen stress
b. Menjelaskan strategi
mananjemen stress
c. Menjelaskan keuntungan
manajemen stress
3) Konfirmasi
a . Siswa mampu menyampaikan strategi menghadapi
stress
b. Siswa mampu mengungkapkan dan
mengatasi masalah yang dihadapinya
c. Kegiatan Akhir :
1) Informasi kegiatan layanan lebih lanjut
2) Memberi tugas yang akan datang
3)
Penutup
5. Alat/ Media/ Sumber Belajar Bahan
a. Alat /Bahan
: LCD, Slide Microsoft Power Point
a. Sumber Belajar:Modul Pengembangan Diri
melalui Layanan Bimbingan Dan Konseling SMK Kelas XII
6.
Evaluasi dan Tindak Lanjut
a. Evaluasi
Laiseg :
Siswa mampu memahami pentingnya
manajemen stress
Laijapen :
Siswa mampu menjadikan stress sebagai dinamika hidup
Laijapang :
Siswa mampu menyeimbangkan aspek fisik
dan non fisik dalam kehidupan
b. Tindak Lanjut : Pemantauan perkembangan sikap dan tingkah laku siswa
Tegal, ....................................
Mengetahui Perencana
kegiatan layanan,
Kepala Sekolah, Guru BK,
............................................. ..............................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar